- People merupakan komponen utama keberhasilan dalam knowledge management yang bertugas melaksanakan proses manajemen seperti mempelajari, meningkatkan, atau mengalirkan pengetahuan
- Process merupakan komponen knowledge management yang mempermudah manusia dalam mensharing ilmunya dalam bentuk jejaring sosial maupun blog dan berbasis teknologi
- Teknologi merupakan komponen knowledge management sebagai penunjang proses sharing ilmu yang efisien dan efektif
Pengelolaan ketiga komponen tersebut dengan cara, adanya integrasi masing masing bagian yang sudah distruktur oleh suatu perusahaan. Dan diharapkan menunjang terlaksannya struktur organisasi yang tepat guna berdasarkan visi dan misi yang telah dibuat
Ketiga komponen knowledge management tersebut saling berhubungan dan tidak bisa dipisahkan. Dalam membuat knowledge management yang utuh membutuhkan ketiga komponen tersebut. People sebagai penggerak dari knowledge, mereka berperan sebagai sumber pengetahuan, juga sebagai pengkonsumsi pengetahuan. Process dilakukan untuk knowledge itu sendiri agar pengetahuan yang ada tetap tersedia dan kompatibel pada saat digunakan. Sedangkan technology-nya berperan sebagai fasilitatorknowledge management, dimana teknologi ini menjadi pintu bagi pengguna dalam mengakses dan menyebarluaskan knowledge.
0 comments:
Post a Comment